Breaking

LightBlog

Saturday, 11 July 2015

Indonesia Menjadi Tuan Rumah Pada Gerhana Matahari Total 2016

Indonesia akan menjadi tuan rumah di fenomena alam besar pada 2016 mendatang. Gerhana matahari total dipastikan akan terjadi di Indonesia tepatnya pada 9 Maret 2016. 

Menariknya, peristiwa langka itu hanya terjadi di Indonesia dan tidak bisa disaksikan di negara lain. Fenomena alam yang akan terjadi tahun depan ini dianggap cukup istimewa lantaran hanya terjadi 33 tahun sekali.

“Gerhana matahari total [di Indonesia] terakhir tahun 1983, habis ini baru [terjadi lagi] 33 tahun lagi,” beber Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo seperti dilansir Liputan6.com, Selasa (7/7/2015).

Indonesia menjadi tempat istimewa untuk mengamati gerhana tahun 2016 karena, berdasarkan analisis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), kota-kota Indonesia bisa melihat gerhana Matahari total ketika sang surya sudah berada pada ketinggian cukup.

Wilayah yang paling banyak dilirik untuk pengamatan gerhana 2016 adalah Palu. Data statistik sejak tahun 2007 menunjukkan, tutupan awan di wilayah palu lebih kecil dari Sumatera dan Kalimantan. "Mungkin karena itu Palu banyak diminati," kata Mahasena.

Di samping itu, Palu juga menjadi salah satu wilayah dengan durasi totalitas terlama di dunia, sepanjang 2 menit 50 detik. Wilayah lain adalah laut sebelah timur Palu yang bisa mengalami "menit tanpa Matahari" sepanjang 2 menit 53 detik.

Selain itu Berikut adalah daerah-daerah yang di lewati GMT Al-Muntadhor:

Wilayah yang beruntung dilewati garis totalnya adalah Pulai Pagai Selatan, Muko-Muko, Lubuk Linggau, Prabumulih, Sikayu, Palembang, Kepulauan Bangka-Belitung, Pangkalan Buun, Sampit, Palangka Raya, Barito, Buntok, Amuntai, Balikpapan, Tanjung Tabalong, Tanah Grogot, Palu, Donggala, Poso, Pangimana, Kalora, Sigi, Panggai, Ampana Tete, Luwuk, Pulau Banggai, Ternate, Tidore, Sofifi, dan Maba, dan daerah disekitar yang saya sebutkan tadi kemungkinan juga total. Apa ada daerah kalian yang masuk daftar? 
NASA
Waktu penampakan gerhana Matahari total di Palu, 9 Maret 2016. Garis biru adalah batas wilayah yang bisa menikmati totalitas gerhana.
Sumber: tekno.tempo.co, sains.kompas.com

1 comment:

  1. seandainya pemerintah tanggap, hal ini bisa mengundang wisatawan untuk datang ke Indonesia :)

    chandra iman

    ReplyDelete

Komentarlah yang baik atau diam ^_^

Adbox